var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Sabtu, 01 Desember 2012

Sekda Aceh Timur Tutup Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara


Kota Langsa | Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur Syaifannur SH MM menutup secara resmi kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dan pelatihan bela Negara yang dilaksanakan di Makodim 0104 / Aceh Timur,Sabtu (1/12).

“Pemkab Aceh Timur selalu berkomitmen dan serius untuk meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negara kepada seluruh elemen masyarakat melalui berbagai kegiatan dengan menjalin kerjasama serta kemitraan dengan berbagai instansi terkait,”. Ungkap Syaifannur dalam sambutannya pada penutupan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela Negara di halaman Makodim 0104/Aceh Timur.
            
Dijelaskannya, sosialisasi wawasan kebangsaan dan pelatihan bela Negara ini sebelumnya telah dilaksanakan selama empat hari yaitu sejak tanggal 27 November sampai 1 Desember 2012 yang diikuti 50 orang peserta dari 24 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur. 

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata keseriusan Pemkab Aceh Timur,”. Ujarnya.
            
Syaifannur mengemukakan, sebagaimana telah dimaklumi bahwa sasaran yang akan dicapai dengan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran elemen masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Selain itu juga diharapkan dapat mempertebal komitmen untuk menjaga integritas bangsa,”.Tugasnya.
            
Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi dapat berpengaruh terhadap pemahaman nilai kebangsaan, bahkan bisa juga mengarah kepada ancaman disintegritas bangsa. 

“Sebab,dalam realitas kehidupan berbangsa dan bernegara telah banyak terjadi pergeseran pemahaman nilai-nilai kebangsaan masyarakat akibat maraknya informasi yang belum tentu benarnya sehingga mempengaruhi masyarakat,”. Terang Syaifannur lagi.
            
Oleh karena itu, sangat perlu kewaspadaan dari semua jajaran terkait guna mengantisipasi dan memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat sehingga eksistensi bangsa tetap terjaga dari pengaruh negatif. 

“Keempat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila,UUD 1945,Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harus selalu dijaga dan dipelihara sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”. Sebutnya.
            
Dalam kesempatan tersebut Sekda Aceh Timur mengharapkan agar segala pembekalan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan sosialisasi ini dapat diimplementasikan dalam rangka meningkatkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
            
Sementara itu,Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0104/Aceh Timur Letkol Muhammad Hasan seusai penutupan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara mengatakan, kegiatan yang telah berlangsung ini merupakan gelombang pertama dan akan berlanjut di tahun 2013 mendatang.
            
“Diharapkan  unsur-unsur masyarakat di Aceh Timur yang telah ikut program ini nantinya akan bisa menjadi pelopor dalam pemahaman  wawasan kebangsaan dan bela negara,”. Pinta Muhammad Hasan sembari menambahkan, materi yang diberikan pada pelatihan meliputi keagamaan, narkoba, pancasila, UUD 1945, sejarah Aceh dan sejarah Indonesia serta UU No 11 tentang Pemerintahan Aceh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar