var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Kamis, 01 Desember 2011

Kota Langsa Peringati Hari AIDS Sedunia

Kota Langsa – Memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember, Dinas Kesehatan Kota Langsa melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, PMI, Aliansi Mahasiswa Kota Langsa untuk membagi-bagikan poster brosur yang berisikan tentang bahaya AIDS. Brosur yang dibagikan tersebut juga mengajak masyarakat khususnya remaja untuk berperan aktif dalam memerangi AIDS.

AIDS merupakan singkatan dari Acequired Immuno Deficiency Sydindrome yang berarti kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV. Hal ini menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi penyakit dan dapat menyebabkan berkembangnya AIDS. Hinga kini para ahli belum mampu menemukan obat penawar bagi jenis penyakit gnas tersebut.

Di Kota Langsa sendiri tercatat 10 kasaus HIV AIDS sejak 2004-2011, kebanyakan mereka yang terkena AIDS adalah usia produktif.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Langsa
Syamsidar
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Langsa Syamsidar SKM mengatakan (1/12), cara penularan HIV AIDS paling banyak disebabkan hubungan sex bebas dan NAPZA suntikan. Selain itu seiring mobilisasi penduduk yang tinggi menyebabkan prilaku yang menjurus pada pergaulan bebas.

Dampak yang ditimbulkan akibat penyakit ini, pasien akan mengalami napas pendek, terganggungnya saluran pencernaan, berat badan semakin turun hingga 10 persen di bawah normal, dan juga sistem syaraf central akan rusak yang mengakibatkan ingatan menjadi kurang. Tentunya dampak yang tragis ialah kematian. 

Melalui peringatan hari AIDS sedunia ini dan pembagian brosur yang mengajak masyarakat untuk memerangi AIDS, diharapkan kepada masyarakat agar berperan aktif dalam pengawasan dan memberi pengarahan kepada putra-putrinya agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang rentan terhadap dampak negatif dari era globalisasi.

Sehingga nilai manfaat dan nilai positif dari era globalisasi dapat berguna untuk perkembangan bangsa ini apabila kita melakukan kontrol bersama terhadap remaja. Untu itu para orang tua dan berbagai lembaga pendidikan harusnya saling menjaga remaja di negeri ini, dengan memberikan arahan yang benar.

Arahan dapat kita lakukan dengan cara menanamkan nilai agama, moral, etika sejak dini. Kita juga dapat memberikan pengajaran untuk memilih semua hal yang masuk melalui proses globalisasi yang mengandung nilai manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar