var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Sabtu, 14 Januari 2012

10 Kebiasaan Buruk Yang Menghambat Karier


Dalam dunia kerja banyak sekali hal yang harus kamu perhatikan karena ini sangat penting buat kamu, karena kamu pasti akan mengalaminya jika sudah bekerja nanti.

Apa saja sich yang harus diperhatikan ?
1.       Terlambat masuk.
Jika jam kerja mulai pukul 08.00 dan kamu masuk pukul 08.30 atau lebih,lama-lama akan muncul anggapan yang kurang baik buat kamu. Perilaku yang seperti ini akan membuat bos kamu mempunyai anggapan bahwa kamu belum cukup dewasa untuk mengemban tugas dan tanggungjawab yang lebih besar.

Solusinya : Kalau kamu mengalami kesulitan dalam mengatur waktu, kamu harus membiasakan menyiapkan semuanya sejak awal. Misalnya, menyiapkan pakaian dan dokumen serta keperluan lain sebelum tidur.

2.       Menunda-nunda pekerjaan.
Bila terbiasa menunda pekerjaan, Bos kamu akan menganggap kamu tidak bisa mengatur waktu dan tidak tau tugas apa sich yang harus dikerjakan.

Solusinya : Kamu harus merencanakan apa-apa yang mau dikerjakan setiap hari, bagi tugas dalam beberapa tahap.

3.       Takut melakukan kesalahan.
Dari sekian kebiasaan buruk, yang paling buruk adalah melakukan pekerjaan dibawah kemampuan kamu. Karena takut salah, kamu Cuma berani mengerjakan tugas yang biasa dilakukan. Padahal kesalahan hanyalah kehilangan kesempatan, ambil kesempatan sekali lagi.

Solusinya : Menuju proses kreatif, kamu harus lebih aktif dalam bergaul dan berbagi ide, jangantakut menyatakan pemikiran.

4.       Mencuri waktu.
Misalnya kamu ingin sekali mendapatkan tiket suatu konser sehingga harus bolos dan berbohong dengan mengatakan mau menengok saudara yang sakit, jangan seksali-kali melakukan hal ini.

Solusinya : Hentikan kebiasaan tersebut,  jangan biasakan ngobrol ditelpon atau belanja waktu istirahat hingga batas waktun istirahat habis.

5.       Sakit terus-menerus.
Terlalu sering sakit atau kedokter bisa menimbulkan pertanyaan tentang produktivitas kerja kamu. Menelpon pukul 10.00 pagi untuk meminta izin tidak masuk kantor karena kepala kamu sakit, kedengarannya seperti menghindar untuk bekerja. Teman-teman kerja kamu juga akan kesal karena harus mengerjakan tugas yang kamu tinggalkan.

Solusinya : Jaga kesehatan baik-baik dan amati tubuh kamu apakah bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan. Bisa jadi pekerjaan yang kamu lakukan membuat kamu sedikit tegang atau gugup karena tidak sesuai dengan kepribadian kamu.

6.       Berlsku bodoh.
Jangan menutupi kesalahan, kalau kamu mengakui kesalahan, itu membuat kamu menjadi karyawan yang berani dan jujur.

Solusinya : Kalau kwatir Bos kamu akan marah atas apa yang kamu lakukan, mintalah berbicara dengannya secara pribadi dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Ingat...mengakui kesalahan mengindikasikan kalau kamu itu sangat memperhatikan pekerjaan dan kamu sudah melakukan hal yang benar.

7.       Mengobral informasi.
Informasi khusus dan rahasia sangat berarti buat sekelompok orang. Kalau sampai jatuh ketangan yang salah, bisa membuat malu orang bersangkutan, bahkan bisa merugikan perusahaan.

Solusinya : Lebih baik kamu diam saja. Meman tidak enak disebut pendiam, apa lagi rasanya ingin sekali menceritakan rahasia yang diketahui pada orang lain. Ganti topik pembicaraan bila sudah menyerempet kearah yang sensitif.

8.       Menyepelekan orang lain.
Sebagian orang menganggap tidak apa-apa jika kita menggunjing rekan kerja. Tapi bayangkan jika orang yang duduk dibelakang kamu bercerita kepada orang lain tentang pertengkaran kamu dengan seseorang. Sekali mendapat julukan buruk, orang lain tidak akan mempercayai kamu, termasuk Bos kamu yang tidak ingin timnya kena pengaruh buruk kamu.

Solusinya : Jika sering menggosipkan rekan kerja, kamu harus kembali untuk tetap pada perspektif. Jika hanya punya teman di tempat kerja, kamu cenderung melihat segala sesuatu secara pribadi hingga bisa terjebak dengan gosip kamu sendiri. Carilah teman di luar kantor.

9.       Bermain Api.
Jangan membuat masalah. Misalnya, makan siang hanya dengan orang tertentu, membuat rekan yangb lain merasa terkesampingkan. Muncul interpretasi salah yang akan membuat kamu merasa tidak enak. Bahkan Bos kamu jadi curiga, bisa jadi kamu dituduh merencanakan untuk melawan.

Solusinya : Pandanglah suatu masalah dengan kepala dingin dan liat secara menyeluruh. Tanyakan pada diri, apakah saya bertentangan dengan tujuan perusahaan ? Mungkinkah hal ini menyebabkan masalah dimasa depan ?

10.   Asal bicara.
Jika menemui kendala dalam pekerjaan, wajar saja kalau kamu mengalami frustasi dan perlu melampiaskan. Tapi perhatikan siapa yang mendengarkan. Biasanya kamu tidak sadar, kesalahan seketika muncul saat berbicara.

Solusinya : Dari pada mengeluh terus, lebih baik membicarakan secara terbuka dengan bos. Alternatif lain, kamu dapat selalu memberitahukan perkembangan terbaru mengenai pekerjaan kamu kepada Bos. Kalau menemui kesulitan, jangan mengeluh, mintalah rekan kerja kamu dikantor untuk membantu atau minta nasihatnya. Paling tidak kamu sudah menunjukkan bahwa kamu selalu berusaha belajar dan selalu berkembang.
Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar