var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Minggu, 09 Oktober 2011

Kecemburuan Seksual


Kecemburuan seksual merupakan salah satu emosi manusia yang terkuat, timbul dari rasa takut bahwa orang lain akan merusak eksklusivitas hubungan percintaan yangsedang dirasakan dan dinikmati. Kadang - kadang perasaan tersebut tidak memiliki latar belakang rasional. Sering kali dalam suatu hubungan yang baru dan pada beberapa kasus pada hubungan yang sudah lama mempola. Orang sementara tidak yakin dan sangat takut kehilangan apa yang baru mereka dapatkan sehingga mereka melihat penyebab kecemburuan yang sesungguhnya tidak ada.
Hal yang demikian ini setiap orang pernah mengalaminya, jika seseorang merasa berada dalam sebuah lingkungan baru, kantor baru, dan lingkaran sosial tertentu yang baru, yang tampaknya memiliki ancaman bagi suatu hubungan karena penampilannya yang baik, kemampuan, serta kehebatannya yang lain. Sebagian dari kita segera menyadari bahwa kecemburuan yang tidak memiliki dasar dan kemudian membiarkannya hilang.
Kadang - kadang rasa takut kehilangan seseorang yang kita cintai adalah irasional dan bahkan kronis. Seringkali disebut sebagai cemburu buta atau cemburu gila, seseorang dengan masalah tersebut mencurigai pasangannya memiliki hubungan gelap jika ia hanya tersenyum dengan teman kerjanya. 

Seseorang yang memiliki tingkat kadar pencemburu yang kuat terutama jika perasaannya tersebut diekspresikan dengan bentuk kemarahan dan dengan cara kekerasansudah pasti akan mematikan hubungan itu sendiri tanpa bantuan orang ketiga. Namun perlu juga diungkapkan, pada sebagian kasus, kecemburuan kronis bisa dimengerti jika salah satu dari pasangan suami/istri berulang kali melanggar persetujuan ekskluvitas seksual, apa yang akan dirasakan oleh pasangannya.
Pria dan wanita dapat mengalami bentuk kecemburuan yang sama. Pria lebih sering mengekspresikan kecemburuannya dalam teriakan marah dan wanita lebih seringmengekspresikannya dengan air mata, namun hal ini tidak berlaku mutlak. Pria maupun wanita memiliki potensi untuk bertindak lebih dalam meluapkan rasa cemburunya,seperti dengan amarah atau bentuk kekerasan fisik. Pria dan wanita juga bisa memarahi pasangannya secara emosional atau "melawan api dengan api" dengan mengambil tindakan yang akan membalas kecemburuannya terhadap pasangannya.
Jika kecemburuan seksual menjadi masalah dalam perkawinan Anda, bicarakanlah secara terbuka. Bicaralah dengan pasangan Anda dan siaplah mendengar apa yang dikatakannya. Masalah yang tidak diatasi seperti ini akan merusak perasaan saling percaya.
Lima langkah untuk menghilangkan kecemburuan :
1. Periksalah perilaku Anda dan pasangan Anda.
Cobalah mengurai permasalahan dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk diri Anda sendiri atau pasangan Anda. Apa yang menimbulkan perasaan cemburu?
Apakah Anda dan pasangan Anda keliru membaca situasi? Apakah lebih baik menghalau kecemburuan?
2. Carilah penyebab kecemburuan
Anda bisa jadi telah mengebali diri Anda sendiri termasuk dengan perasaan yang menyelimuti pikiran Anda. Sekarang mengapa Anda merasa begitu? Apakah Anda mengalami kecemburuan terus menerus? Apakah Anda memiliki alasan yang kuat untuk merasa tidak aman dalam suatu hubungan? Apakah kecemburuan merupakan ekspresi keinginan tersembunyi Anda untuk menentang persetujuan eksklusivitas seksual?
3. Periksalah perasaan Anda sendiri
Jika Anda orang yang cemburu, tanyakan pada diri Anda sendiri "Apakah kecemburuan ini merupakan respon alami terhadap perilaku pasangan saya atau apakah saya merasa tidak aman?" DAn, jika pasangan Anda yang cemburu, tanyakan, "Apakah saya diam - diam menikmati kecemburuan pasangan saya? Jika ya, mengapa?"
4. Temukan cara membuat pasangan Anda yang cemburu untuk merasa aman dalam hubungan tanpa membuat pasangan lain merasa diatur.
Bersikap secara lebih romantis kepada pasangan Anda mungkin bisa membantu mengurangi beban masalah yang ada. Pasangan yang cemburu mungkin juga harus mengambil sebagian tanggung jawab untuk mencapai keamanan perasaan. Mungkin Anda merasa pasangan Anda mencari orang lain karena Anda gemuk, tidak berdandan standar, menjadi malas. Karenanya buatlah diri Anda lebih menarik dan atraktif bagi pasangannya.
5. Letakkan hal- hal dalam perspektifnya
Untuk meredakan ketegangan konflik yang mungkin akan semakin meruncing ketika perasaan cemburu muncul, ada baiknya untuk merekontruksi ulang pola pikir yang Anda miliki. Mulai saat ini cobalah untuk membiasakan diri dengan pola pikir meletakkan hal - hal dalam perspektifnya masing - masing.
10 HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN
*. Jangan berbohong atau saling menyimpan rahasia.
*. Jangan saling menghina atau merendahkan yang lain.
*. Jangan lari dari tanggung jawab.
*. Jangan melakukan hal - hal yang menyedihkan pasangan Anda
*. Jangan abaikan si dia
*. Jangan ribut untuk masalah yang remeh.
*. Jangan mencurigai pasangan Anda.
*. Jangan curang, jangan sirik
*. Jangan mengatur pasangan Anda.
*. Jangan diam saja kalau si dia menyakiti diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar