var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Selasa, 10 Juni 2014

PROGRAM PNPM SELARAS MENDORONG KESETARAAN GENDER

Salah satu program PNPM di Kota Langsa, Aceh
Kota Langsa, Aceh - Selaras adalah program lanjutan dari PNPM Mandiri Perkotaan. Program ini bertujuan agar laki-laki dan perempuan dapat berperan secara setara dan adil dalam kegiatan kemasyarakatan. Dimana program ini akan mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan akses, partisipasi, kesempatan dan manfaat untuk bersama-sama mengatasi dan menanggulangi masalah kemiskinan.

Gampong Alue Dua Kecamatan Langsa Baro adalah salah satu desa di Kota Langsa yang mendapat kucuran dana PNPM Selaras sebesar 150 juta. Dalam pelaksanaannya, pr
ogram ini berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa tersebut.

Ketua Badan Kesuadayaan Masyarakat (BKM) Suramin yang didampingi Geucik Gampong Alue Dua Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa Hasballah mengatakan (23/5), dana sebesar 150 juta itu digunakan dalam bentuk kegiatan Tridaya yang terdiri dari kegiatan Lingkungan. Kegiatan ini terkait dengan pembangunan infrastruktur sesuai kebutuhan dan perencanaan yang telah disusun oleh masyarakat, seperti pembangunan saluran air.

Pada kegiatan Ekonomi, Suramin mengatakan ada beberapa jenis kegatan pelatihan diantaranya pelatihan jahit menjahit. Sedangkan untuk kegiatan sosial baru akan dijalankan sesuai dengan program-program yang telah disetujui oleh panitia PNPM Selaras dan dimusyawarahkan bersama masyarakat.

Demi kelancaran pembangunan Gampong Alue Dua, saya siap mendukung sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan program pemerintah Kota Langsa pada umumnya”. Ungkap Hasballah seraya menambahkan.


Salah satu strategi kebijakan PNPM Mandiri Perkotaan diarahkan untuk mendukung upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pencapaian sasaran Millennium Development Goals (MDGs), dimana salah satunya adalah mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.(Mulyadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar