var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Selasa, 18 Oktober 2011

Kelompok Tani Aceh Timur Terima Bantuan Alat Pertanian


Kota Langsa - Bupati Kabupaten Aceh Timur Muslim Hasballah menyerahkan bantuan peralatan pertanian kepada 30 Kelompok Tani di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur. Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis kepada Ketua Kelompok yang di dampingi Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Timur Marwi Umar.

Bantuan alat-alat pertanian tersebut berupa Hand Tracktor 30 unit, Pompa Air 45 unit dan Mesin Perontok Padi sebanyak 10 unit, masing-masing bantuan peralatan pertanian tersebut bersumber dari dana APBN dan APBA tahun 2011.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Timur Marwi Umar mengatakan (18/10), dengan adanya bantuan alat-alat pertanian tersebut, diharapkan para petani dapat meningkatkan hasil produksi mereka serta luas areal tanam, yang tentunya akan mendongkrak perekonomian petani itu sendiri.

"Kami harapkan dengan adanya bantuan alat-alat pertanian itu, hasil produksi petani meningkat, luas areal tanam juga bertambah, yang biasanya petani hanya sekali panen dalam setahun, dengan adanya alat tersebut bisa dua kali panen dalam setahun, yang biasanya hanya tiga hektar bisa menjadi lima hektar"

Kelompok Tani tersebut juga diharapkan menjaga inventaris alat-alat pertanian tersebut, sebab kata Marwi, peralatan pertanian itu merupakan milik bersama petani dengan sistem pinjam pakai.


"Kami minta petani juga menjaga peralatan pertanian itu, alat-alat tersebut akan digunakan petani dengan sistem pinjam pakai, kalau satu kelompok telah selesai, maka kelompok lain bisa menggunakannya" Kata Marwi. 


Petani juga diminta dalam operasional peralatan tersebut harus sesuai dengan petunjuk teknis, sehingga peralatan pertanian itu tidak cepat rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar