var addthis_config = {"data_track_addressbar":true};

toneng.blogspot.com

Sabtu, 01 Oktober 2011

Program Pokok Dinas Pertanian Adalah Ketahanan Pangan

Program Pokok Dinas Pertanian Adalah Ketahanan Pangan

Aceh Timur - Dalam upaya mencukupi kebugahan hidup pokok masyarakat terutama makanan pokok seperti padi, kedelai dan tanaman palawija lainnya, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Timur menggalakkan program pembangunan infrastruktur, Sumber Daya Manusia serta pemanfaatan lahan-lahan terlantar.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Timur Marwi Umar mengatakan, guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat sebagai program pokoknya itu, pihaknya melakukan dengan beberapa pola, seperti pola cetak sawah dan optimasi lahan.

Optimasi lahan merupakan usaha meningkatkan pemanfaatan sumber daya lahan pertanian menjadi lahan usaha tani tanaman pangan dan holtikultura melalui upaya perbaikan dan daya dukung lahan, sehingga dapat menjadi lahan usaha tani yang lebih produktif.

Kata Marwi Umar, kegiatan optimasi lahan pertanian tersebut diarahkan untuk memenuhi kriteria lahan usaha tani tanaman pangan dan holtikultura dari aspek teknis, seperti perbaikan fisik, kimiawi tanah serta peningkatan infrastruktur usaha tani yang diperlukan.

Jagung

Sehingga pemanfaatan lahan yang sementara tidak diusahakan menjadi lahan pertanian produktif, dan meningkatkan indeks pertanaman atau IP untuk memperluas areal tanam dalam mendukung program Ketahanan Pangan Nasional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar